Senin, 19 April 2010

Perjalanan Menuju Kebahagiaan

oleh Brian Tracy *)
 Judul Asli: The Journey To Happiness
Kunci kebahagiaan adalah sederhana dan kompleks. Ini adalah hasil dari total lebih dari 2000 tahun filsafat, psikologi, spekulasi dan diskusi tentang makna dan sumber kebahagiaan. Dari Aristoteles pada 340 SM sampai para pemikir modern, pembicara dan penulis hari ini, tombol untuk kebahagiaan hampir tidak berubah sama sekali. Hal ini sama untuk hampir semua laki-laki dan perempuan, di semua negara dan situasi dan dalam semua bidang kehidupan.

Kunci kebahagiaan adalah: mendedikasikan diri pada pengembangan bakat alam dan kemampuan Anda dengan melakukan apa yang Anda sukai, dan melakukannya dengan lebih baik dan lebih baik, dalam pelayanan penyebab yang lebih besar daripada diri sendiri.

Ini adalah pernyataan yang besar dan komitmen besar. Merasa bahagia mengharuskan Anda mendefinisikan hidup Anda dalam istilah Anda sendiri dan kemudian melemparkan sepenuh hati Anda dalam menjalani kehidupan Anda sepenuhnya. Di satu sisi, kebahagiaan mengharuskan Anda menjadi sempurna egois dalam rangka untuk mengembangkan diri Anda ke titik di mana Anda bisa egois untuk seumur hidup Anda. Dalam Edmund Rostand's "Cyrano de Bergerac", Cyrano, ketika ditanya mengapa dia begitu intens individualistis dan tidak peduli dengan pendapat dan penilaian orang lain. Dia menjawab dengan kata-kata indah, "Saya adalah apa yang telah saya putuskan dalam hidup bahwa saya akan menyenangkan paling tidak diri sendiri dalam segala hal."

Kebahagiaan Anda juga tergantung pada kemampuan Anda untuk menyenangkan setidaknya diri sendiri dalam segala hal. Anda hanya bisa bahagia bila Anda menjalani hidup Anda dengan cara terbaik. Tidak ada yang bisa mendefinisikan kebahagiaan bagi Anda. Hanya Anda yang tahu apa yang membuat Anda bahagia. Kebahagiaan adalah pekerjaan orang dalam.

Sekarang, ada banyak kebingungan tentang masalah kebahagiaan. Ketika saya beranjak dewasa, saya diberitahu oleh saudara tua bahwa kebahagiaan saya tidak relevan. Aku teringat lagi dan lagi bahwa itu egois bagi saya untuk menetapkan kebahagiaan sebagai tujuan sendiri dan berusaha ke arah itu. Saya diberitahu bahwa saya berada di bumi  ini untuk membuat orang lain bahagia dan jika saya mendapat kebahagiaan dalam perjalanan,  saya harus menganggap diri saya beruntung.

Banyak orang menipu diri mereka sendiri ke dalam pemikiran bahwa dengan memberikan kebahagiaan pribadi mereka sendiri, mereka dapat membuat orang lain bahagia, biasanya anggota keluarga mereka. Tapi cara berpikir seperti ini benar-benar bingung. Anda tidak dapat menuai di tempat yang Anda belum menaburkannya. Sama seperti Anda tidak dapat membuat orang lain yang sehat dengan menjadi sakit, Anda tidak dapat membuat orang lain bahagia dengan menjadi bahagia. Orang-orang yang berpikir bahwa mereka tidak bahagia sehingga orang lain dapat menjadi bahagia adalah menipu diri mereka sendiri. Mereka  adalah rasionalisasi ketidakpuasan mereka sendiri dengan berpura-pura sangat mulia  dalam sengsara.

Studi demi studi menunjukkan bahwa hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk orang-orang di sekitar Anda, khususnya anggota keluarga Anda, adalah untuk menjadi orang bahagia. Jika Anda ingin membesarkan anak-anak bahagia, menjadilah orangtua yang bahagia. Jika Anda ingin memiliki pasangan bahagia, bahagialah menjadi suami atau istri. Hanya orang yang bahagia yang bisa membuat orang lain bahagia.

Sebuah poin yang sangat penting dalam bidang kebahagiaan adalah apakah Anda merasa bahwa Anda "layak" untuk menjadi bahagia. Pertanyaan tentang kelayakan merupakan salah satu masalah yang paling mendasar dan membingungkan bahwa kita harus berurusan dengan nya sepanjang hidup. Sebagian besar dari kita telah dibesarkan dengan samar-samar dari perasaan bersalah dan gelisah. Jauh di dalam hati, kita sering tidak merasa bahwa kita layak untuk benar-benar bahagia. Bahkan, perasaan bersalah dan rendah diri dapat membuat kita menyabot kebahagiaan kita sendiri ketika kita akhirnya mencapainya.

Titik awal untuk menikmati kebahagiaan untuk Anda adalah menerima bahwa Anda pantas untuk semua kebahagiaan. Anda benar-benar dapat mencapai melalui penerapan bakat khusus dan kemampuan Anda. Semakin Anda menyukai dan menghormati diri sendiri, semakin layak Anda akan merasakan hal yang baik dalam kehidupan. Dan semakin layak Anda merasa, semakin besar kemungkinan akan terjadi bahwa Anda akan mencapai dan mempertahankan kebahagiaan Anda bekerja.

Kunci lainnya adalah membuat kebahagiaan melalui prinsip mengorganisasi hidup Anda. Dengan melakukan ini, Anda dapat membandingkan setiap tindakan dan keputusan terhadap kemungkinan bahwa standar kebahagiaan untuk melihat apakah itu akan membuat Anda lebih bahagia atau kurang bahagia. Segera, Anda akan menemukan bahwa hampir semua masalah-masalah kehidupan Anda datang dari pilihan-pilihan yang telah Anda buat, atau sedang membuatnya, yang tidak memberikan kontribusi untuk kebahagiaan Anda.

Tentu saja, ada saat-saat yang tak terhitung jumlahnya di mana Anda harus melakukan hal-hal kecil yang tidak membuat Anda bahagia di jalan yang menuju hal-hal yang lebih besar yang membuat Anda sangat senang. Istilahnya, membayar harga kesuksesan di muka. Anda harus membayar iuran Anda. Misalnya, jika Anda ingin menikmati kehidupan yang baik, kesuksesan, prestise, menghormati, dan kepuasan batin itu berasal dari penjualan yang sukses. Anda sering harus bangun pagi-pagi, membuat panggilan dingin, prospek dengan orang-orang kasar atau acuh tak acuh untuk menemukan bisnis, dan tinggal kemudian dari orang lain. Kadang-kadang langkah-langkah interim tidak membuat Anda bahagia secara langsung, tetapi kebahagiaan yang Anda capai dari mencapai tujuan Anda adalah begitu besar sehingga menghilangkan ketidaknyamanan temporer dan ketidakpuasan Anda harus bertahan untuk sampai di sana.

Seperti Earl Nightingale berkata, "Kebahagiaan adalah realisasi progresif dari sebuah ideal yang layak" Anda hanya merasa sangat senang ketika Anda pindah, langkah-demi langkah, menuju tercapainya tujuan jelas bahwa Anda merasa akan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Karena Anda tidak bisa benar-benar bahagia sampai Anda jelas tentang kemungkinan-kemungkinan yang melekat, sangat penting bahwa Anda mengambil waktu secara teratur untuk menganalisis diri sendiri dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda. Ada pepatah tua: "Sukses daun track" Anda sering bisa melihat kembali dalam hidup Anda, dan lihatlah ke sekeliling Anda hari ini, untuk mengidentifikasi siapa Anda sebenarnya dan apa yang Anda benar-benar harus lakukan dengan hidup Anda.. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan bertanya pada diri sendiri dengan dua pertanyaan yang sangat kuat berikut.

Pertanyaan pertama adalah favorit saya: "Apa satu hal besar yang akan berani Anda mimpikan jika Anda tahu Anda tidak akan gagal?"

Bayangkan bahwa Anda benar-benar dijamin sukses dalam mencapai tujuan tertentu, besar atau kecil, jangka panjang atau panjang pendek. Bayangkan bahwa Anda memiliki semua uang, semua waktu, semua pendidikan, semua kontak, semua sumber daya dan segala sesuatu yang lain bahwa Anda mungkin perlu untuk mencapai tujuan apa pun yang besar dalam hidup. Apa itu? Ini adalah pertanyaan yang sangat penting karena ketika Anda menghapus keterbatasan dari pemikiran Anda, Anda sering mendapatkan ide yang sangat jelas tentang apa yang seharusnya Anda lakukan dengan kehidupan Anda.

Semua orang sukses dan wanita pemimpi besar. Mereka membayangkan apa masa depan yang mereka bisa, dalam segala hal yang ideal, dan kemudian mereka bekerja setiap hari menuju visi jauh mereka, serta tujuan atau sasaran. Dan langkah-demi-langkah realisasi ideal mereka membuat mereka benar-benar bahagia.

Pertanyaan kedua Anda dapat bertanya pada diri sendiri adalah: "Bagaimana  saya menghabiskan hidup saya jika saya belajar hari ini padahal hanya punya enam bulan untuk hidup" Jika Anda hanya bisa melakukan satu atau dua hal sebelum waktu Anda di bumi berakhir? Apa yang akan mereka lakukan? Di mana Anda akan pergi? Dengan siapa Anda akan menghabiskan waktu Anda?

Sering kali, ketika Anda memikirkan hanya memiliki waktu yang singkat, Anda menjadi sangat jelas tentang apa yang harus dilakukan dengan hidup Anda.

Kedua pertanyaan ini menentukan nilai-nilai Anda. Mereka mengarah langsung ke jantung Anda sebenarnya. Mereka memberikan indikasi bakat alam dan kemampuan Anda, dari apa yang benar-benar penting bagi Anda.

Anda mendapatkan indikasi keinginan hati Anda, kunci kebahagiaan Anda, sepanjang hidup Anda. Hal-hal yang Anda lakukan dengan sukacita dan kebahagiaan terbesar antara umur 7 dan 14 mengandung benih-benih apa yang seharusnya Anda lakukan sebagai orang dewasa jika Anda ingin memenuhi potensi penuh Anda dan menjadi segala yang Anda mampu menjadi. Pikirkan kembali untuk tahun-tahun awal remaja Anda. Apa yang paling Anda nikmati? Orang macam apa yang paling Anda nikmati tidak berhubungan dengan? Hal apa saja kau paling senang Anda pelajari? Kegiatan macam apa yang paling Anda nikmati, tetapi tidak terlibat dalam?

Dr Viktor Frankl, yang menulis buku "Man's Search for Meaning,"  berkata bahwa Anda dapat membagi hal yang Anda lakukan dalam hidup menjadi empat kategori. Kategori pertama terdiri dari hal-hal yang sulit untuk belajar dan sulit dilakukan. Contoh dalam kategori ini untuk banyak orang adalah matematika. Banyak dari kita berjuang dengan matematika di sekolah, dan masih berjuang dengan pembukuan, akuntansi, laporan keuangan, dan pengembalian pajak sebagai orang dewasa. Jika Anda menemukan matematika sulit untuk belajar dan sulit dilakukan, ini adalah semacam aktivitas Anda yang jelas tidak cocok. Tidak peduli berapa banyak yang Anda lakukan, atau seberapa baik Anda mendapatkannya, Anda tidak akan pernah mencapai kepuasan ataupun kebahagiaan dari itu. Kategori berikutnya terdiri dari hal-hal yang sulit untuk dipelajari, tetapi mudah dilakukan. Naik sepeda dan mengendarai mobil sulit dipelajari, tetapi mudah untuk dilakukan setelah Anda berlatih cukup. Mengikat tali sepatu adalah contoh lain. Ini adalah jenis kegiatan di mana Anda merasa hebat tentang diri sendiri ketika Anda terlibat di dalamnya. Mereka tidak menuntut yang terbaik.

Kategori ketiga terdiri dari hal-hal yang mudah untuk dipelajari tapi sulit untuk dilakukan. Fisik tenaga kerja termasuk dalam kategori ini. Menggali parit dengan sekop atau memotong kayu dengan kapak mudah untuk dipelajari tetapi mereka sulit untuk dilakukan. Dan mereka tidak pernah lebih mudah.

Kategori keempat adalah kuncinya. Ini adalah hal yang mudah dilakukan dan mudah dipelajari. Anda tampaknya memiliki kecenderungan alami. Bila Anda terlibat dalam kegiatan semacam ini, waktu berlalu. Hal-hal yang mudah untuk belajar dan mudah dilakukan untuk Anda adalah tipe hal-hal yang seharusnya Anda lakukan dengan kehidupan Anda. Mereka menunjukkan di mana bakat alam dan kemampuan Anda berbohong. Hal ini terlibat dalam kegiatan tersebut dengan sepenuh hati Anda, dan membuat diri Anda untuk menjadi lebih baik dan lebih baik, yang akan memberikan semua kesenangan, kepuasan dan kebahagiaan yang Anda inginkan dalam hidup.

Setiap orang memiliki luas wilayah keunggulan. Setiap orang memiliki sesuatu yang ia dapat lakukan dengan cara yang luar biasa. Mungkin waktu berminggu-minggu, bulan, dan bahkan bertahun-tahun bagi Anda untuk mengembangkan diri di daerah itu sehingga Anda benar-benar dapat melakukan dengan cara yang luar biasa, namun Anda akan sangat tertarik dengan jenis kegiatan dari awal. Anda akan menikmati membaca tentang hal ini dan berbicara tentang hal ini dan berpikir tentang hal ini. Anda akan menemukan diri Anda mengagumi orang yang beredar di daerah itu. Anda akan terlihat penuh kerinduan di lapangan itu dan bertanya-tanya apa rasanya berperan di dalamnya dan menjadi sukses dalam hal itu. Dan yang sangat sering sesuai keinginan hati Anda. Bahwa wilayah kegiatan, area dimana Anda bisa menjadi sangat baik, mungkin Anda ditempatkan di dunia ini untuk melakukan itu.

Ada hubungan langsung antara perasaan pertumbuhan dan perasaan motivasi atau kekuatan pribadi. Ini adalah ketika Anda tumbuh secara progresif, menjadi lebih baik dan lebih baik pada sesuatu yang penting bagi Anda, bahwa Anda benar-benar merasa hidup dan bersentuhan dengan dunia Anda. Dan ingat, keunggulan adalah bukan tujuan, melainkan sebuah perjalanan seumur hidup.

Jadi memutuskan untuk bertahan sampai Anda berhasil. Bagian pertama dari keberanian adalah tekad untuk memulai dalam iman menuju tujuan Anda; bagian kedua dari keberanian adalah kesediaan Anda untuk bertahan dalam menghadapi kekecewaan dan kemunduran yang tak terhindarkan di sepanjang jalan.

Kebahagiaan bukan kecelakaan (tidak sengaja). Orang-orang bahagia adalah mereka yang sengaja melakukan hal-hal yang selalu menimbulkan kebahagiaan. Orang-orang bahagia adalah mereka yang tahu apa yang mereka inginkan dan kemudian melemparkan mereka ke seluruh hati menggunakan bakat mereka yang unik dan kemampuan untuk memberikan kontribusi kepada dunia dalam pencapaian tujuan mereka.

Anda ditempatkan di bumi ini dengan tujuan khusus, diprogram dengan bakat unik dan kemampuan yang belum sepenuhnya disadap dan digunakan. Ketika Anda memfokuskan seluruh energi Anda membuka potensi sejati Anda, Anda bisa mengklaim hak utama Anda: kebahagiaan.


*)Tentang Brian Tracy:

Brian Tracy adalah penulis terkemuka mengenai Kepribadian dan Bisnis. Sebagai CEO Brian Tracy International, dia adalah penulis laris dari 17 buku dan lebih dari 300 program pembelajaran audio dan video.

Copyright © 2001 Brian Tracy International. All Rights Reserved.

2 komentar:

  1. Bila seseorang berada dalam keadaan perasaan tidak nyaman, dia cenderung akan menciptakan ketidaknyamanan bagi orang lain. Oleh karena itu, jika sekali waktu Anda mendapati seseorang yang bertingkah atau berpendapat yang membuat Anda merasa tidak nyaman dengan tingkah atau pendapatnya tersebut, patut diduga dia sedang mengalami ketidaknyamanan di dalam dirinya. Sekalipun hal tersebut tidak ada hubungannya dengan diri Anda.
    Nah, buatlah diri sendiri merasa nyaman, untuk bisa membuat orang lain merasa nyaman. Begitu pula, seperti yang dikatakan Brian:"Bila Anda ingin membahagiakan isteri atau suami, Anda harus merasa bahagia menjadi isteri atau suami".

    BalasHapus
  2. Klo menurut aq... referensi terbaik ttg filosofi kebahagian akan kembali kpd nilai2 religius... salah satu dan yg paling sulit dilakukan adalah IKHLAS... org2 bule bnyk mengabaikan agama krn mrk sulit menerima konsep supranatural serta tatanan etika/moral di dlmnya... mrk lbh cenderung ke humanisme, maka muncullah berbagai pandangan filosofi yg bila qta telusuri, yaahhh, kembali lgi ke nilai religius jgaa... hehehe... okelah kalaw begituw, takut kepanjangan komen-nya... xixixixi... sukses az bwt kang Yafiz

    BalasHapus

Komentar Anda sangat berguna bagi 'kemaslahatan' blog ini.Terima kasih atas partisipasinya.