Senin, 13 September 2010

Belajar Membuat Template Blogger Sendiri

Screenshot: Mytemplate

Memanfaatkan waktu luang libur lebaran (karena Drs - di rumah saja), saya kembali melirik template blog - yang sudah lama tidak diobrak-abrik. Lumayan bikin pinggang kesemutan, karena seharian gonta-ganti template gratisan yang tersedia di internet. Ternyata tambah bingung, karena terlalu banyak yang bagus-bagus. Lalu mencoba mengutak-atik kode script agar tampilan sesuai keinginan, tambah pening juga, soalnya memang tidak memiliki skill bahasa script. Puas ? belum.

Lalu, saya teringat cerita teman-teman tentang ide membuat template sendiri dengan program Artisteer, yang tidak mensyaratkan kemampuan memahami script ataupun pernik web design lainnya. Nah, dengan bantuan mbah Google dan anak saya yang rajin download program, ketemulah program Artisteer 2 sekian-sekian. segeralah setelah didownload, diinstal dan dicoba. Wauw! benar-benar mencengangkan, ternyata saya bisa juga mendesain template sendiri. Mau bukti? lihat pada gambar hasil screenshot di halaman ini, atau kilik contoh

Program ini benar-benar sangat membantu kita yang sama sekali tidak memiliki ilmu script web design. Hasil desain yang kita buat dapat diekspor ke dalam berbagai platform, seperti Blogger, Wordpress, Web, dan lain-lain. Beberapa kelebihan yang diklaim oleh pembuatnya di antaranya (sengaja menggunakan bahasa aslinya):

  1. Generate cool Web design ideas - tersedia banyak ide desain built-in yang disebutnya Design Ideas, kita tinggal mengklik berkali-kali sampai ketemu yang diinginkan.
  2. Adjust generated designs to create great looking Web and Blog templates - dapat membuat desain web ataupun blog, sesuai selera atau di modif sendiri.
  3. Create perfectly correct, validated HTML and CSS that conform to Web standards - tentu saja bahasa yang digunakan sesuai dengan standar Web: HTML atau CSS.
  4. You don't need to learn Photoshop, CSS, HTML and other Web technologies to create great looking designs, including images and buttons-dengan bantuan program ini kita tidak perlu menguasai Photoshop, CSS, HTML, atau teknologi web lainnya terlebih dahulu, termasuk dalam membuat gambar dan tombol yang diinginkan.
  5. If you are a Web designer, generate ideas, prototypes and quick Websites for your clients and friends - maksudnya, jika Anda berminat menjadi web designer (dadakan), jasa Anda bisa ditawarkan ke sahabat atau klien, bisa dapat angpau tuh.
  6. Choose and use many included design elements, from backgrounds to photo objects and buttons - tersedia banyak elemen, gambar latar, foto, objek, bahkan bentuk-bentuk tombol pilihan, atau Anda buat sendiri.
  7. Automatically solve problems with image aliasing, Web browser compatibility and other details requiring time and knowledge - program secara otomatis akan menyesuaikan pilihan-pilihan kita sesuai dengan syarat dan kualitas yang dituntut oleh web browser.
  8. Learn how to create professional HTML and CSS code - dengan program ini kita seolah-olah sudah belajar/menguasai kode-kode HTML dan CSS secara profesional.
  9. Save money on Wordpress Themes and Web design templates - tentu saja murah, karena dengan memiliki kemampuan mendesain sendiri kita tidak perlu membeli template premium yang biasanya tidak gratisan.
  10. If you don't have the time, hire your kids to create great looking Website for you - Jika tidak memiliki cukup waktu, bisa diserahkan ke anak Anda yang sudah bisa baca-tulis dan mengoperasikan internet (umumnya mereka malah lebih ahli dari kita).

Program ini tersedia trialnya, untuk dicoba. Silahkan download di - http://www.artisteer.com 

Ayo kreatif buat sendiri template.

11 komentar:

  1. Wah, inspiratif banget Om, saya bisa kayak desainer beneran nih, buruan ah di download.thanks, ya

    BalasHapus
  2. Template yg sekarang digunakan ini dibuat dengan Artisteer juga. sebagai pembelajar, lumayanlahhh.

    BalasHapus
  3. waah nice post sob...

    lomayan nh ngisi waktu luang klo lg bosen ngapa-ngapain...

    BalasHapus
  4. ada cracknya di mediafire...

    BalasHapus
  5. @isal
    Ternyata cukup mengasikkan,lho.

    BalasHapus
  6. wah seep nih informasinya. tanks

    BalasHapus
  7. @Ipwan Blog
    Terima kasih mas,udah berkunjung dan komentarnya.

    BalasHapus
  8. Good supportive language are used in this blog I like very much the review of this fashionable blog and subscribe it so give more details about.Thanks

    BalasHapus

Komentar Anda sangat berguna bagi 'kemaslahatan' blog ini.Terima kasih atas partisipasinya.