Minggu, 10 Oktober 2010

Pekan Entrepreneurship Dunia (GEW)

Dalam satu minggu, jutaan anak-anak muda dari seluruh dunia akan bergabung dalam sebuah gerakan mendunia untuk melahirkan gagasan-gagasan baru dan untuk menemukan cara-cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu. Hampir 100 negara secara bersamaan menjadi tuan rumah Pekan Entrepreneurship Dunia ini, sebuah inisiatif untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda untuk berinovasi, berimaginasi dan berkreativitas. Untuk memikirkan hal-hal yang besar. Untuk mewujudkan impian. Untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Dilaksanakan Pada 15 - 20 November 2010 Pekan Entrepreneurship Dunia (Global Entrepreneurship Week) akan menghubungkan orang-orang yang berasal dari seluruh dunia melalui kegiatan lokal, nasional, dan global yang dirancang untuk membantu mereka mengeksplorasi potensi yang mereka miliki sebagai orang yang pertama kali memulai dan inovator. Para murid dan pendidik, entrepreneur, pemimpin usaha, pejabat pemerintahan, media dan masih banyak lainnya akan berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan untuk memanfaatkan jaringan sosial, untuk berhubungan dengan masyarakat yang melakukan tindakan-tindakan dalam komunitas lokal dan global, dan untuk merayakan entrepreneurship di seluruh dunia.

Berpikir Global, Bertindak Lokal
Konsep awal mulanya digagas oleh Perdana Menteri Inggris Gordon Brown dan Carl Schramm, Presiden dan CEO Yayasan Ewing Marion Kauffman. Namun walaupun cakupannya global, Pekan Entrepreneurship Dunia tetap sebuah inisiatif lokal yang didorong oleh kegiatan-kegiatan berbasis komunitas dalam negara-negara yang menjadi tuan rumah kegiatan ini.

VISI
Mendorong terciptanya beragam solusi inovatif melalui entrepreneurship bagi masalah-masalah sosial di Indonesia yang berakar pada pengangguran dan kemiskinan

MISI

Menggalang kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki tujuan sama dalam membangun kesejahteraan bangsa melalui entrepreneurship sehingga dapat memobilisasi sumber daya yang tersedia untuk kegiatan GEW di Indonesia.

TUJUAN


INSPIRASI:

Memperkenalkan entrepreneurship kepada generasi muda (khususnya dibawah usia 30 tahun)  yang belum pernah memikirkan untuk menjadikan entrepreneurship sebagai karirnya.

MENGHUBUNGKAN:


Menghubungkan generasi muda dan organisasi-organisasi diseluruh Indonesia untuk menemukan gagasan-gagasan baru lintas budaya dan disiplin ilmu.

MENTOR:


Mendaftarkan para entrepreneur yang aktif dan penuh inspirasi untuk  membimbing dan mendampingi generasi berikutnya yang memiliki talenta entrepreneurship ketika mereka mengejar dan mewujudkan impian mereka.

— MELIBATKAN:

Mendemonstrasikan kepada para pemimpin dan pembuat keputusan bagaimana entrepreneurship adalah pusat dari sebuah ekonomi dan budaya yang sehat dari sebuah bangsa, dan memberikan mereka kesempatan untuk belajar tentang praktik-praktik dan kebijakan-kebijakan yang entrepreneurial.

JENIS KEGIATAN


Selama Pekan Entrepreneurship Dunia Mitra dapat menyelenggarakan beraneka ragam bentuk acara dengan kriteria sebagai berikut:

1. Acara bersifat entrepreneurial
2. Acara bertemakan entrepreneurship
3. Acara melibatkan banyak peserta sehingga gaung entrepreneurship lebih meluas
4. Acara tersebut membangun citra positif brand Mitra, UCEC, dan GEW.

HIGHLIGHT KEGIATAN

 
  • National Conference on Entrepreneurship Education. R Seminar on Government Entrepreneurship. 
  • Program Launching “Entrepreneurship for Indonesian Migrant Resource”  & “Indonesian Prison Entrepreneurship” 
  • Penandatanganan Prasasti Entrepreneur President & CEO of Kauffman Foundation 
  • Memberi Harapan Baru TKI dengan Entrepreneurship - Entrepreneurship 
  • Training Program for Indonesian Migran Resource. 
  • Lapas Pariwisata & Prison Entrepreneurship 
  • “Dari Raskin Ke Milyader” Kisah Dalyono 
  • Laskar 21 - Kumpulan Anak-Anak Muda Sudah Memiliki Usaha pada Umur 21. 
  • Mengubah Kotoran & Rongsokan Menjadi Emas di Kota Palembang - Kisah Sukses Pemkot Palembang Sebagai Government Entrepreneur.
CONTOH KEGIATAN

  • Peluncuran Buku “Entrepreneurship Government”Kisah Sukses Palembang
  • Seminar Pendidikan Entrepreneurship Untuk Para Guru, Orang Tua, Dosen, Mahasiswa, dan UMKM
  • Lukisan / Foto 1.000 Wajah Kota Palembang
  • Pentas Seni dan lomba jingle entrepreneurship (SMP, SMA dan Mahasiswa)
  • Entrepreneurship Talk Show di Radio & TV
Sumber:www.gewindonesia.com
Host in Indonesia: www.ciputraentrepreneurship.com

6 komentar:

  1. GO! Entrepreneur Indonesia!!!

    BalasHapus
  2. Ada Info di kota saya, Jember yang ikutan ngerayain gak?

    BalasHapus
  3. @AkbarNah, ayo sobat Jember, ada yang bisa bantu info?

    BalasHapus
  4. Salam entreprener sobat semua! semoga Indonesia makin bertambah jumlah entrepreneurnya, makin maju, makin berkarakter!

    BalasHapus
  5. @Dida
    salam entrepreneur, sukses berkelimpahan.

    BalasHapus

Komentar Anda sangat berguna bagi 'kemaslahatan' blog ini.Terima kasih atas partisipasinya.