Sabtu, 26 Maret 2011

BAGIAN MANAKAH YANG TERPENTING DARI TUBUHMU?


Ibuku adalah manusia super bijak dan guru besar kehidupanku. Suatu ketika ibuku bertanya kepadaku: “Bagian manakah yang paling penting di tubuhmu itu, anakku?” aku terdiam sejenak, dan mencoba menebak. “Telinga, ibuku.” Lalu ibu bertanya lagi, “Mengapa telinga kau anggap paling penting?”. “Untuk mendengar. Karena kata orang-orang bijak, banyak mendengar lebih baik daripada banyak berbicara.” Lalu ibuku berkata lagi: “Orang-orang bijak itu tidak salah. Tetapi jawabanmu belum benar, anakku. Tidak perlu buru-buru menjawab ini anakku, teruslah belajar, cari dan temukan jawabannya dari kehidupanmu sendiri”. Demikianlah ibuku, manusia bijak, guru besar kehidupanku.
Beberapa waktu kemudian, aku rasa sudah temukan jawabannya, lalu aku sampaikan pada ibu dengan penuh antusias: “Ibu, otak adalah bagian terpenting dari tubuh manusia. Karena otaklah membuat manusia cerdas dan berbeda dengan makhluk lain”. Eh, ternyata ibuku malah bertanya balik: “Tetapi kenapa banyak orang tidak cerdas dan berperilaku tidak manusiawi?”. Lalu katanya: “Teruslah belajar anakku”. Jadi masih salah dong? Duh, apalagi, ya? Akhirnya aku mencoba lagi mencari jawabannya dari pelajaran kehidupan.
Tetapi sudah berkali-kali aku berikan jawaban, selalu salah. Sampai akhirnya ada suatu peristiwa besar, dimana salah satu saudaraku meninggal dunia. Akupun merasa menemukan jawabannya.
Sahabat, sebelum aku sebutkan jawabannya menurutku, bagaimana kalau kalian dulu yang menjawabnya menurut pandangan masing-masing? Tentu berikan dengan alasannya, dong. Teruslah belajar......begitulah selalu terngiang di otakku, bisikan lembut, penuh kasih.
Published with Blogger-droid v1.6.7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berguna bagi 'kemaslahatan' blog ini.Terima kasih atas partisipasinya.